ANALISIS MATERI IPA KELAS 1 SD
MAKALAH
Dosen: Abdur Rosyid, M.Pd
Diajukan untuk memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Kuliah Kapita Selekta IPA SD
Oleh:
E. Kusnandar 13.22.1.0116
Lilih Nurjamilah 13.22.2.0017
Lina Marlina 13.22.1.0296
Rian Ardiyansyah 13.22.1.0205
Ririn Romayanti 13.22.1.0210
Kelas IPA 1
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS PENDIDIKAN DASAR
UNIVERSITAS MAJALENGKA
MAJALENGKA
2016
BAB
1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Bahan
ajar atau materi ajar merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kegiatan
belajar mengajar. Bahan ajar yang digunakan untuk membantu guru dalam upaya
melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tertulis di kelas. Bahan ajar
cetak merupakan salah satu media penting bagi guru dalam melaksanakan
proses pembelajaran. Tanpa bahan ajar, tampaknya guru akan mengalami kesulitan
dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pada prinsipnya, guru harus selalu
menyiapkan bahan ajar dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Contoh bahan ajar cetak adalah Buku teks
pelajaran. Buku teks pelajaran adalah buku acuan wajib untuk digunakan di
sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan
ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan
dan teknologi, kepekaan dan kemampuan estetis, potensi fisik dan
kesehatan.
Melihat
bahan ajar itu sangat penting maka kami menyusun beberapa materi IPA yang ada
di kelas I SD. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini ialah untuk memeparkan
materi-materi IPA yang ada di kelas I SD.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka ada
beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu sebagai
berikut:
1. Apa saja bagian-bagian
tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya?
2.
Apa yang dimaksud
dengan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat?
3. Apa
saja kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat?
4.
Apa yang dimaksud
dengan benda dan sifatnya?
5. Apa
yang dimaksud dengan energi dan kegunannya?
6. Apa
saja yang dimaksud dengan benda langit?
C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang akan di bahas, tujuan yang ingin dicapai
dari makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui bagian-bagian
tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
2. Untuk mengetahui lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat.
3. Untuk mengetahui kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
4. Untuk mengatahui benda dan sifatnya.
5. Untuk mengetahui energu dan kegunannya.
6. Unruk mengetahui benda langit.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya
1. Pengertian Tubuh
manusia
Tubuh manusia adalah struktur
seluruh organisme manusia dan bagian utamanya adalah: kepala, leher, badan dan
tungkai. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda dan mengandung organ-organ.
a. Bagian-bagian
tubuh manusia
1)
Rambut
Rambut
untuk melindungi kepala, rambut melindungi kulit kepala sehingga panas matahari
tidak terasa, rambut juga untuk keindahan, rambut tertata rapi serta kepala
tampak indah.
2)
Telinga
Telinga
ada dua telinga kiri dan telinga kanan. Telinga merupakan organ yang berperan
terhadap pendengaran terhadap suara atau bunyi, telinga berguna untuk
mendengarkan.
3)
Mata
Mata adalah salah satu alat indra manusia yang berfungsi sebagai
indra penglihat. mata ada dua, mata kiri dan mata kanan. Mata untuk melihat
keadaan sekitar.
4)
Hidung
Hidung
adalah bagian yang paling menonjol terletak di tengah wajah manusia. Fungsi Hidung yang paling penting
adalah menyaring udara sebelum melewati lebih jauh ke dalam sistem
pernapasan dan memberikan indera penciuman.
5) Mulut
Mulut merupakan
tempat dimulainya proses pencernaan makanan, yaitu pada rongga mulut. Mulut
merupakan rongga berbentuk oval di dalam tengkorak. Dua fungsi utama mulut
adalah untuk makan dan berbicara.
6)
Lidah
Lidah
adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu
pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah untuk mengecap
membedakan rasa gula berasa manis, garam berasa asin dan cabai berasa pedas.
7)
Gigi
Gigi
berfungsi untuk menggigit makanan, gigi untuk mengunyah makanan, gigi untuk
melembutkan makanan sehingga makanan menjadi mudah ditelan.
8)
Tangan
Definisi
yang luas adalah tangan dari siku
sampai ke ujung jari
tangan, sedangkan definisi yang sempit
adalah tangan dari pergelangan
sampai ujung jari tangan. Tangan ada dua, tangan kanan dan tangan kiri, tangan
untuk memegang, memegang pensil dan peralatan sehingga dapat menulis.
9) Kaki
Kaki merupakan salah satu anggota tubuh hewan
atau manusia
yang digunakan untuk berjalan. Kaki terdiri dari beberapa bagian, termasuk
telapak kaki, sendi yang bekerja dalam suatu sistem terpadu sehingga
memungkinkan bagi inang untuk berjalan. Kaki ada dua, kaki kiri dan kaki kanan,
kaki sangat berguna misalnya untuk berdiri tegak, berjalan, berlari.
2.
Cara merawat tubuh
Tubuh
harus dirawat agar bersih dan sehat serta jauh dari penyakit, tubuh yang jarang
dibersihkan akan menjadi kotor. Tubuh kotor dapat menyebabkan gatal jika tubuh
berkeringat, dan membuat tubuh bau dan tidak nyaman.
a.
Cara merawat badan
Cara
merawat badan dapat dilakukan dengan cara mandi secara teratur, mandi dua kali
sehari, mandi memakai sabun mandi dan air bersih dan keringkan badan dengan
handuk setelah mandi.
b.
Cara merawat gigi
Cara
merawat gigi dapat dilakukan dengan menggosok gigi dengan pasta gigi, menggosok
gigi setelah makan, menggosok gigi sebelum tidur dan tidak makan permen
terlalu banyak.
c.
Cara merawat rambut
Cara
merawat rambut dapat dilakukan dengan cara keramas rambut dengan menggunakan
sampo, menyisir rambut dengan rapi serta potong rambut dengan teratur.
d.
Cara merawat mata
Cara
merawat mata dapat dilakukan apabila membaca di tempat yang terang, menonton
televisi tidak terlalu dekat, banyak memakan wortel dan membersihkan kotoran
mata dengan air.
e.
Cara merawat tangan
Cara
merawat tangan dapat dilakukan dengan cara memotong kuku menggunakan gunting
atau pemotong kuku, kuku bersih tidak panjang dan tidak ada kotoran. Mencuci
tangan dengan sabun, mencuci tangan sehabis main, mencuci tangan sebelum makan
dan mencuci tangan sebelum tidur sehingga tangan menjadi bersih.
f.
Cara merawat kaki
Cara
merawat kaki dapat dilakukan dengan membiasakan mencuci kaki dengan sabun,
mencuci kaki sehabis main, mencuci kaki sebelum tidur sehingga kaki bersih
bebas dari kotoran dan kaki menjadi sehat.
3.
Hasil Analisis
Berdasarkan
materi ajar dalam kompetensi dasar tersebut memiliki kesulitan dalam
menyampaikannya pada siswa kelas 1 SD. Guru sulit menunjukan cara merawat
anggota tubuh manusia secara langsung, maka solusinya yaitu dengan menampilkan
sebuah vidio tentang cara-cara merawat anggota tubuh manusia, sehingga siswa
dapat melihat langsung cara merawat anggota tubuh dengan benar. Selain itu guru
dapat mengadakan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan
kesehatan anggota tubuh, contohnya mengadakan sosialisasi cara merawat
kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Sedangkan dalam memperkenalkan
nama-nama anggota tubuh, guru dapat menunjukan langsung kepada siswa
anggota-anggota tubuh pada diri siswa sendiri dan dapat juga mengenalkan
nama-nama anggota tubuh manusia dengan cara bernyanyi.
B.
Lingkungan Sehat dan
Lingkungan Tidak Sehat
1.
Lingkungan
Sehat
lingkungan sehat
membuat kita nyaman bebas dari sampah bebas bau busuk lalat tidak dating udara
bersih lingkungan sehat badan sehat
2.
lingkungan tidak sehat
Lingkungan kotor karena sampah
lingkungan jadi tidak sehat buang sampah sembarangan sampah menumpuk tercium
bau busuk banyak lalat beterbangan lalat senang tempat yang kotor lalat dapat
menularkan penyakit lingkungan kotor lingkungan tidak sehat banyak orang
terserang penyakit badan tidak sehat lingkungan tidak sehat karena asap di
jalan raya banyak kendaraan bermotor banyak asap mengepul udara jadi kotor
napas jadi sesak asap mengganggu kesehatan dekat rumah mita ada pabrik cerobong
pabrik sangat besar banyak mengeluarkan asap berwarna hitam udara jadi kotor napas
terganggu badan terasa tidak nyaman.
3.
Merawat lingkungan
lingkungan
tempat kita bermain lingkungan tempat tinggal kita lingkungan milik kita
bersama kita jaga tetap bersih kita jaga tetap indah ayo merawat lingkungan apa
yang kamu lakukan untuk lingkungan dengan merawat tanaman dengan merawat
binatang jagalah kebersihan lingkungan lingkungan jadi sehat lingkungan jadi
indah
a. Menjaga kebersihan
Menjaga
kebersihan dengan membuang sampah buang sampah di tempat sampah lingkungan bersih lingkungan sehat buang
sampah di sungai sampah menumpuk aliran
air terhambat sampah musim hujan terjadi banjir.
b. Merawat tanaman
lingkungan
sehat lingkungan asri menanam pohon dan bunga lingkungan teduh di siang hari
juga teduh ada bunga di kebun kebun tampak indah bunga dan pohon harus disiram tanaman
dipupuk supaya subur lingkungan sehat hati senang
c. Merawat binatang piaraan
binatang
piaraan harus dirawat dengan memberi makan dan minum dengan membersihkan
kandang kandang bersih lingkungan sehat.
C. Kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
1.
Kebutuhan tubuh
Kebutuhan
tubuh merupakan energi bagi manusia agar tumbuh sehat dan kuat. Makanan, air,
pakaian dan udara merupakan salah satu kebutuhan tubuh wajib bagi manusia.
a.
Makanan dan kebersihan
Untuk menjaga kebutuhan tubuh,
manusia harus makan secara teratur, makan tiga kali sehari, makan pagi sebelum
ke sekolah, makan siang sehabis sekolah dan makan malam di sore hari. Makanan
yang dipilih harus makanan sehat seperti nasi, sayur telur, buah dan susu.
Untuk menjaga kebutuhan tubuh,
manusia juga harus menjaga kebersihan badan dengan cara mandi setiap hari
dengan menggunakan air bersih agar bebas dari kuman dan kotoran. kebersihan
harus dijaga, kebersihan badan, kebersihan pakaian, kebersihan lingkungan,
mandi secara teratur, mandi dua kali sehari pagi hari dan sore hari, pakaian
yang kotor segera dicuci, mencuci pakaian dengan sabun cuci serta pakaian
disetrika sehingga pakaian halus dan rapi.
Lingkungan bersih terasa nyaman
lingkungan bersih enak dipandang mata udara sejuk terasa segar untuk bernapas.
Udara bersih napas menjadi lega.
Kebersihan gigi harus dijaga gigi
putih, bersih, sehat dan kuat. Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.
sebelum makan harus mencuci tangan agar tanganku bersih, jika makan dengan
tangan kotor dapat menyebabkan sakit perut.
b.
Olahraga
Untuk memenuhi kebutuhan tubuh
harus berolahraga dan membiasakan hidup sehat. Manusia perlu olahraga teratur
berolahraga membuat otot dan tulang jadi kuat, dengan berolahraga juga membuat
hati riang.
c.
Menjaga kebersihan
lingkungan
Lingkungan adalah segala sesuatu
yang ada di sekitar kita, agar tubuh sehat lingkungan juga harus sehat.
Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih dan rapi disana banyak pohon
rindang udaranya bersih tidak berdebu tidak ada sampah berserakan tidak ada
lalat beterbangan.
d.
Menjaga kebersihan
lingkungan
Lingkungan yang bersih merupakan
awal hidup sehat. Kesehatan lingkungan adalah kesehatan yang sangat penting
bagi kelancaran kehidupan dibumi, karena lingkungan adalah tempat dimana pribadi
itu tinggal. Lingkungan yang sehat dapat dikatakan sehat bila sudah memenuhi
syarat lingkungan yang sehat.
e.
Istirahat
Istirahat yang
cukup merupakan salah satu khasiat yang kita rasakan dengan kembalinya
kesegaran tubuh saat lelah beraktivitas. Istirahat dapat menghilangkan
lelah misalnya dengan cara menonton film kartun, membaca buku bacaan, bermain
bersama teman dan rekreasi. Jika kurang istirahat badan menjadi lemah, tubuh
mudah terserang penyakit dan tubuh mudah terkena gangguan.
2.
Hasil Analisis
Berdasarkan
materi tersebut guru mengalami kesulitan
dalam menunjukan makanan bersih, lingkungan bersih dan hal-hal yang mendukung
kebutuhan tubuh manusia kepada siswa kelas 1 yang dimana masanya masih asik
bermain sehingga sulit untuk mengajak siswa untuk berpikir menelaah atau
mengidentifikasi makanan bersih, lingkungan bersih. Maka solusi dari masalah
tersebut guru dapat menunjukan media visual atau audio visual untuk
memperlihatkan gambaran mengenai makanan bersih, lingkungan bersih dan
sebagainya. Selain itu guru sulit mengevaluasi dalam kompetensi membiasakan
hidup sehat karena tidak semua kebisaan siswa dalam menjaga makanan dan
lingkungan yang bersih dapat terlihat secara langsung oleh guru, maka solusinya
yaitu guru memberikan angket atau kuisioner agar mengetahui kebiasaan siswa
dalam menjaga pola hidup sehat.
D.
Benda dan Sifatnya
1.
Mengenal ciri dan sifat benda
Di
rumah ada jendela jendela dibuat dari kayu dan kaca bentuknya persegi teralis
dipasang di jendela teralis dibuat dari besi besi sifatnya keras dan kuat lebih
keras dari kayu
2.
benda benda di ruang tamu
Di ruang tamu ada meja dan kursi meja
dan kursi terbuat dari kayu kayu sifatnya keras dan kuat.
3.
benda di ruang santai
Di
ruang santai ada televise tabungnya dibuat dari kaca bentuknya kotak kaca
sifatnya keras dan mudah pecah
4.
benda benda di kamar tidur
banyak
benda di kamar tidur coba sebutkan namanya ada bantal dan selimut ada meja dan
lemari ada kasur dan sprei di atas kasur dipasang sprei sprei dibuat dari kain bentuknya
lembaran kain sifatnya lembut dan kuat
5.
benda benda di dapur
ada
banyak benda di dapur panci untuk memasak wajan untuk menggoreng di dapur ada
sendok sendok tidak mudah pecah ada gelas untuk minum gelas kaca mudah pecah.
6.
benda benda di kelas
Di
kelas banyak benda ada meja dan kursi meja dan kursi sifatnya kuat ada kapur ada
papan tulis kapur mudah patah
7. kegunaan benda di rumah
banyak
benda di rumah gunanya berbeda beda di rumah ada almari ada meja dan kursi ada
televisi dan radio ada sendok dan piring ada sapu dan cangkul samakah
gunanya
8.
kegunaan benda di sekolah
Ada banyak benda di kelasmu ada papan tulis ada
kapur dan penghapus ada meja dan kusi ada tempat sampah ada sapu bendamu banyak
sekali apa saja gunanya ambil buku tugasmu
9.
Hasil Analisis
Untuk penyampaian materi tentang
benda yang ada di luar sekolah, peserta didik harus diajak ke tempat yang
sesuai dengan apa yang akan di jekaskan, contohnya benda yang ada di rumah.
Semua benda yang ada di rumah harus dijelaskan di tempat yang aslinya, yaitu
rumah, supaya pengalaman siswa menjadi lebih bermakna.
E. Energi
dan Kegunannya
1. Sumber
energi gerak
Benda
bergerak karena energy, energi penghasil gerak apa saja? coba lihat kincir
angin, kincir angin bergerak apa
penyebabnya? baterai dipasang pada mobil mobilan, mobil mobilanmu melaju. permainan
ayam pegas, pegas diputar putar mainan ayam melompat cepat melompat karena
pegas mainan ayam berhenti karena gaya pegas habis. ketapel dari karet karet
ditarik kuat batu terlempar jauh karet ditarik lemah batu terlempar dekat batu
terlempar karena pegas karet ayo bermain magnet magnet dari besi magnetmu
menarik logam magnet menarik paku magnet menarik jarum magnet punya gaya tarik paku
melekat karena terbuat dari logam
Sumber
energi ada banyak sumber energy angin sumber energi baterai sumber energi pegas
dan magnet juga sumber energi.
2. kegunaan
energi
Energi
sangat penting untuk kita energi penghasil gerak benda
a.
Energi Listrik.
Energy
listrik sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan kita, seperti untuk mengerakan
kipas angin, menyalakan televise dan mendengarkan radio.
b. Energi
panas di sekitar rumah
Api
sumber energi panas kompor mempunyai energi panas, setrika mempunyai energi
panas, matahari juga sumber energi panas.
c. Udara
sebagai energi angin
Udara
bergerak disebut angin apa guna energi angin untuk kincir angin
d. Air
sebagai sumber energy
Air
mengalir punya tenaga tenaga air mengalir disebut energi air lihatlah kincir
air bergerak.
A. Benda
Langit
1. Benda
langit yang tampak pada siang hari
Keluarlah ke halaman lihatlah ke atas kamu akan melihat langit
langit berwarna biru langit pada siang hari tampak terang karena ada matahari matahari
dapat bersinar. Sinar matahari dapat terhalang oleh
awan ada awan putih awan putih disebut mega ada awan hitam awan hitam disebut
mendung awan hitam bisa menjadi hujan.
2.
Benda
langit yang tampak pada malam hari
Bagaimana langit pada malam hari pada
waktu malam langit terlihat gelap ada bintang dan ada bulan. Bintang berjumlah
bayak sekali bintang nampak berkedip kedip. Bulan berbentuk bulat bulan tidak
dapat bersinar tetapi dapat memantulkan cahaya matahari bentuk bulan nampak
lebih besar dari pada bintang bentuk bulan dapat terlihat berubah ubah kadang
berbentuk lingkaran kadang berbentuk setengah lingkaran ada juga yang berbentuk
sabit.
B.
Keadaan
Cuaca
1. Perubahan
cuaca
Langit sangat luas keadaan langit dapat berubah ubah kadang biru
bersih kadang penuh awan kadang juga tampak gelap keadaan langit disebut cuaca.
Keadaan langit pada waktu pagi berbeda dengan siang berbeda pula dengan langit
pada waktu malam. Pagi udaranya sejuk siang udaranya panas malam hari dingin kadang
kadang malam terasa panas. Angin bertiup; tiupan angin juga berubah ubah kadang
sepoi sepoi kadang kencang. Perubahan keadaan angin perubahan panas dan dingin perubahan
keadaan langit termasuk perubahan cuaca.
2. Cuaca
cerah
Keadaan cuaca berubah ubah saat cuaca cerah matahari bersinar
terang langit nampak biru tidak berawan angin bertiup sepoi sepoi udara terasa
segar. Pada musim kemarau keadaan cuaca cerah sinar matahari terasa terik sinarnya
tidak terhalang awan udara menjadi panas.
3. Cuaca
buruk
Saat cuaca buruk
langit tampak gelap matahari tertutup mendung. Angin bertiup kencang kadang
turun hujan dan ada petir.
Pada musim hujan sering terjadi cuaca buruk awan hitam menutup
langit disertai angin kencang suara petir menggelegar pertanda akan turun hujan.
Angin kencang yang datang tiba-tiba dapat merusak rumah dan bangunan menumbangkan
pepohonan dan merusak tanaman padi di sawah. Saat cuaca buruk kita harus hati
hati ranting dan dahan yang tua sebaiknya dipotong agar tidak tumbang saat
angin kencang. Pada saat cuaca buruk jangan berdiri di tempat terbuka seperti
sawah atau tanah lapang agar tidak tersambar petir.
C.
Musim
Kemarau dan Musim Penghujan
Di negara kita ada dua musim musim kemarau dan musim penghujan ingatkah
kalian bagaimana keadaan saat musim kemarau bagaimana keadaan saat musim
penghujan.
1. Keadaan
Musim Kemarau
Saat musim kemarau tiba matahari bersinar terang langit nampak
cerah tidak berawan. Udara pada siang hari terasa panas tidak ada hujan karena
tidak ada hujan air sangat berkurang tanah menjadi kering dan berdebu.
2. Keadaan
Musim Penghujan
Pada musim penghujan hampir setiap hari turun hujan langit selalu
mendung matahari tertutup awan udara terasa dingin. Semakin lama awan semakin
tebal hujan pun turun kadang disertai petir dan kilat air berlimpah ruah tanaman
tumbuh subur karena mendapatkan cukup air.
3.
Pengaruh
musim kemarau
Saat kemarau panas matahari terasa menyengat di bawah terik
matahari sebaiknya memakai pelindung topi jaket atau payung. Udara terasa panas
kita banyak berkeringat di dalam ruangan sebaiknya mengenakan baju pendek kadang
juga menghidupkan kipas angin. Musim kemarau tanah menjadi kering debu-debu
beterbangan dapat membawa kuman penyakit sebaiknya tidak jajan di pinggir jalan
pada saat kemarau hujan tidak turun sumber air dan sungai sungai menjadi kering
sawah kering dan retak retak tanaman dan ternak bisa mati karena kekurangan air.
4.
Pengaruh
musim penghujan
Pada musim hujan udara terasa dingin oleh karena itu sebaiknya
mengenakan baju hangat misalnya jaket untuk mengurangi dingin biasanya minum
minuman hangat udara dingin dan air hujan dapat menyebabkan demam mudah
terserang flu sebaiknya jangan bermain hujan.
Pada musim hujan hampir
setiap hari turun hujan sehingga air sungai meluap dan terjadilah banjir. Banjir
menyebabkan tanaman rusak. rumah dan bangunan terendam bagaimana mencegah
terjadinya banjir jangan membuang sampah sembarangan.
5.
Hasil Analisis.
Sangat sulit jika guru menagandalkan metode ceramah
saja mengajarkan tentang benda langit. Guru harus menggunakan video untuk
menampilkan gambar pagi, siang, malam, musim kemarau dan musim penghujan serta
dampak yang timbulkannya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Materi matari
yang diajarkan dikelas satu ialah sebagai berikut:
1.
Bagian-bagian tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya.
2. Lingkungan
Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
3.
Kebutuhan tubuh agar
tumbuh sehat dan kuat
4. Benda
dan Sifatnya
5.
Energi dan kegunannya.
6.
Benda Langit
B. Saran
Saran
yang dapat kami sampaikan adalah dalam mengajar IPA untuk kelas rendah harus
menggunakan media yang rill atau nyata supaya pengetahuan yang didapat siswa
akan menjadi lebih bermakana.
DAFTAR PUSTAKA
Salirawati.
(2010). Gembira Belajar IPA 1. Jakarta:
Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar